Tuesday, April 30, 2013

Patung Dari Spanyol Yang Mengundang Kontroversi…


Patung Dari Spanyol Yang Mengundang Kontroversi



“Stairway To Heaven” Begitulah nama Judul patungnya Seperti judul lagunya Led Zeppelin yaa… [>.<] pembuatnya adalah seorang berkebangsaaan spanyol “Eugenio Merino” patung yang menggambarkan 3 agama berbeda yg sedang beribadah menurut caranya masing2x . nah bentuk patung inilah yang menjadi masalah dan mengundang kontroversi.
tiga bentuk patung tersebut menggambarkan tiga cara berbeda masing2x agama dalam beribadah., Seorang Islam yang sedang dalam posisi Sujud , Seorang Nasrani yg sedang berlutut , dan seorang Yahudi yg sedang berdiri.
Apakah patung ini anti-Semit, karena menunjukkan stereotip (“konsepsi mengenai sifat suatu golongan berdasarkan prasangka yang subyektif dan tidak tepat”) orang-orang Yahudi memerintah dunia, berdiri di atas lebih dekat kepada Tuhan? Atau seharusnya itu diambil sebagai pujian…?
Dan bagaimana dengan agama Nasrani, Malang terjepit di tengah, mata tertutup….? Atau mungkin ini tidak dimaksudkan untuk menSuggst sebuah hirarki…?
Mungkin patung ini adalah patung anti-Islam, karena muslim dihancurkan pada akhir tumpukan. Atau seharusnya yang diambil sebagai pujian, yang berarti bahwa Islam adalah di dasar agama-agama dunia…..?
Pendapat berbeda datang dari Kedutaan Besar Israel di Spanyol, yang memprotes. “Patung ini berisi elemen yang ofensif untuk orang-orang Yahudi, Israel dan tentu saja bagi orang lain” Dan kedutaan besar Israel mengutuk karya Merino sebagai “murni provokasi”.
Menurut Eugenio “Ini bukan sebuah karya seni yang dimaksudkan untuk menyinggung. Ide saya adalah koeksistensi dari tiga agama, bersama dalam usaha bersama untuk mencapai Tuhan, dalam cara harfiah. Saya pikir ini pesan positif. “
Patung itu belum lama dipamerkan dalam seni kontemporer Spanyol “ARCO 2010″ dan menarik perhatian bnyk orang yang ingin tahu. Susanna Corchia, yang bekerja untuk galeri yang mewakili karya Merino (Galeria DAN), berkomentar : “Kolom visual efek yang diperlukan untuk menghormati berbagai cara untuk berdoa dan beribadah. Dalam rangka untuk menciptakan Patung yg berjudul “Stairway to Heaven” ini Tujuannya adalah untuk menunjukkan bagaimana tiga agama monoteistik (Satu) akar yang sama dan gerakan yang sama menuju Tuhan. Bagi saya, ini adalah bagian tentang persaudaraan manusia, dan Sayangnya, kita telah kehilangan kemampuan untuk membaca simbol atau kiasan ini, karena kita terlalu sibuk mencari sendok “. itu kata… MEREKA lho…
Patung itu Terjual seharga € 45,000 yang membelinya adalah kolektor seni Belgia, dan dirinya adalah seorang Yahudi
.

No comments:

Post a Comment